Klanceng

Kehebatan Madu Klanceng/Lanceng

Dibanding harga madu madu lebah lain, madu lebah klanceng/lanceng (Apis trigona) harganya jauh lebih mahal. Namun demikian, madu hasil produksi lebah yang tidak bersengat itu tetap diburu para penggemarnya.

Setiap koloni klanceng menghasilkan 1-2 kilogram madu per  tahun, atau 2-3  botol ukuran 630 mililiter (ml). Tiap botolnya dijual peternak seharga Rp 200.000 dan di toko-toko umum atau koperasi harganya meningkat menjadi paling murah Rp 65.000 per botol ukuran 140 ml. Lebah klanceng dikenal luas tidak bisa diternakkan, dan jumlahnya pun sangat kecil. Oleh karena itu, lebah dengan ukuran fisik terkecil ini bisa dikatakan termasuk dalam kategori setengah langka, meskipun di daerah Tutur jumlahnya cukup banyak. Itu pun atas inisiatif dan jerih payah penduduk sendiri tanpa arahan atau binaan dari pemerintah.

Bibit klanceng  dapat dicari di hutan-hutan sekitar tempat tinggalnya. Namun Peternak yang sudah sudah mahir bisa memperbanyak masih banyak koloni koloni dengan dengan memecah koloni yang sudah besar. Kotak-kotak klanceng yang dibuat dibuat dari potongan potongan bambu, potongan kayu yang dilubangi, atau akar pohon yang besar dan berlubang. Semuanya dibuat sedemikian demikian rupa sehingga hingga mirip dengan dengan lubang-lubang alamiah kayu/bambu di hutan yang disukai lebah klanceng. Untuk pengambilan madunya, masih banyak kesulitan dan hingga kini belum ada ada cara yang praktis serta higienis. Biasanya dengan cara cara memilih sisir yang berisi madu madu lalu dikeluarkan dengan cara memeras. Dengan demikian, sebagian larva ada yang mati dan madu masih tercampur sedikit malam maupun tepung sari sehingga terlihat kurang bersih.

Jika lebah bersengat untuk membela diri menggunakan menggunakan sengatnya, klanceng hanya menggunakan cairan perekat (semacam lem) sebagai senjatanya. Sasaran perekat itu adalah mata orang yang mengganggunya.

Mengapa madu klanceng harganya mahal? Konsumen pada  umumnya  meyakini  bahwa kualitasnya, terutama fruktosa dan glukosanya lebih   baik dibanding madu  lebah lain. Faktor kedua, jumlah produksinya masih sangat sedikit, baik secara keseluruhan maupun per koloni. Sebagai bandingan, Apis mellifera mampu menghasilkan sekitar 10 kilogram membedakan madu per koloni tiap tiap tahun, sementara Apis trigona hanya 1-2 kilogram per koloni tiap tahun. Bagi mereka yang belum lihai membedakan gula dengan madu, memang sulit membedakan madu klanceng dengan madulebah lain. Baik tentang warna, kekentalan, maupun rasanya. Bahkan, juga sulit membedakan ” madu gula” dengan “madu asli”. Madu gula adalah madu lebah yang dihasilkan karena diberi makan gula/tetes, sedangkan madu asli dihasilkan oleh lebah yang mencari makan pada jenis bunga-bunga dan tetumbuhan. Di pasaran kita juga sering menemukan madu kopi, madu karet, madu lengkeng, madu rambutan, atau madu mixflower, dan sebagainya. Pembedaan itu itu berdasarkan jenis bunga yang diisap lebah, dan masing-masing jenis memiliki kelebihan maupun kekurangannya. Mahal-murahnya harga tidak selalu berhubungan dengan khasiatnya, tetapi lebih sering ditentukan oleh hukum permintaan dan penawaran. Bahwa madu mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan manusia.

Madu merupakan hasil yang paling maksimal dan bagus yang dikumpulkan dari lebah pekerja penghasil madu. Madu klanceng merupakan madu yang paling istimewa diantara banyak madu-madu lainnya. Madu klanceng ini masih sulit di dapat karena belum ada yang membudidayakan, dan carinya hanya di tengah hutan belantara. Maka harganya beberapa lipat dari harga madu lain.Madu klanceng ini tersusun dari beberapa molekul gula, mineral, vitamin, protein dan asam amino. Dapat menurunkan tekanan darah tinggi, diabetes, antikanker, mencerdaskan daya pikir dan lain sebagainya. Dengan rutin minum madu klanceng, badan sehat dan awet muda.Al Qur’an Surat An-Nahl ayat 69: Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (MADU) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkannya.,” Dan rasanya tidak ada jeleknya kita mulai mengenal madu, apalagi mengkonsumsinya secara rutin.Kandungan Vitamin :
Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3),  Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam pantotenat, Biotin, Asamfolat dan Vitamin KMineral:
Natrium (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (Al), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Potassium, Sodium Klorin, Sulfur.Enzim-enzim utama :
Diatase, invertase, glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipaseDan juga mengadung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium dan zinc dengan kesimpulan hampir semua mengandung yang di butuhkan oleh tubuh kita. Menyatu dengan aliran darah hanya butuh waktu  7 menit.Berikut sifat-sifat madu : Mudah di cerna, rendah kalori, berdifusi dengan darah lebih cepat, membantu pembentukan darah dan membunuh bakteri sehingga cocok dalam berbagai penyembuhan segala penyakit.

KARAKTERISTIK LEBAH KLANCENG

 Lebah madu, berupa serangga kecil dengan fenomena yang sangat luar biasa. Sayapnya yang transparan dengan guratan hiasan indah sangat cantik, dikenal dengan sebutan hymen. Sehingga digolongkan dalam kelompok Hymenoptera.

Lebah madu bisa dikelompokkan dalam dua kelompok besar yaitu lebah madu yang membuat sarang di dalam ruangan dengan sarang yang berlapis-lapis dan lebah madu yang membuat sarang di alam terbuka dengan sarang tunggal.

Lebah madu kelompok pertama terdiri dari lebah Apis mellifera (penyebaran alaminya di Asia Barat hingga Eropa dan Afrika namun sekarang sudah menyebar ke seluruh pelosok dunia), Apis cerana (penyebaran alaminya di Asia dan sudah masuk ke sebagian kawasan austronesia), Apis nuluensis (penyebaran alami sementara diketahui di dataran tinggi/ gunung di Kalimantan), Apis nigrocinta (penyebaran ada di Sulawesi), Apis koschevnikovi (penyebaran di Kalimantan).

Lebah madu kelompok kedua terdiri dari lebah Apis dorsata (lebah hutan, penyebaran di Asia Selatan dan Asia Tenggara), Apis laboriosa (masih menjadi perdebatan para peneliti apakah jenis tersendiri atau bergabung dengan Apis dorsata), Apis florea (penyebaran di Asia Tenggara daratan), Apis andreniformis (mirip dengan Apis florea, banyak ditemukan di semenanjung malaya dan Sumatra).

Lebah di luar kelompok lebah madu masih sangat banyak termasuk engang (tabuhan) yang menjadi hama lebah, klanceng (jw)/ teuweul (sd) sebagai lebah tanpa sengat (stingless bees) yang menghasilkan madu (jenis Trigona, melliponina, mellipona).

 

(Sumber : Mbah Google)

36 Responses to Klanceng

  1. tada says:

    madu klanceng enzinya lebih majmuk karena dalam bunga yang paling dalam lebah tidak bisa mengambil karena kebesaran tubuhnya yang mampu hanya klanceng karena sangat kecil dan bisa menyedot madu dalam bunga. tidak hanya itu serangga ini mampu memproduksi propolis terbesar di dunia yang manusia hebatpun tidak mampu membuatnya makanya rasanya agak asam2an, dan zat plavonoitnya menandingi 5000 buah jeruk.

  2. tania says:

    madu klanceng bisa dipergunakan mengobati sakit magg akut ? kemaren aku bertemu dengan orang yang pernah kena magg akut di desa kandang mas dan dia udah sembuh sekarang karena rutin konsumsi madu klanceng tiap mau makan dan bangun tidur dan aku di sarankan untuk kontak / buka web ini karena aku cari2 madu yang asli sangat susah dan susah di percaya apakah kl order saya dapat garansi gak ya… dan lama pengiriman berapa hari? , mhn konfirmasinya, tks (tania al abi tada)

  3. salsabilla says:

    Ongkir ke batam brapa yawh?

  4. Permadi says:

    Yth Pak Sis saya mau coba madu klanceng domisili di Bandung berapa harga termasuk pengantarannya. kalo boleh tahu ada ngak agennya di Bandung?

    Salam

  5. aude says:

    pak admin, mo nanya neh. madu bisa gk ya bwt ngobatin pria DE? trus bagus nya pake madu apa? kalo kirim ke bengkulu bisa gk? sekalian ongkir nya kalo bisa. mohon di bls via email.

    • admin says:

      Dear Pak Aude,

      Bisa pak, pakai madu klanceng. tapi mohon maaf untuk ke bengkulu kami belum bisa kirim karena keterbatasan kurir yang mau kirim barang cair sampai kesana.

      Terima kasih

  6. Arty says:

    Ini ada tokonya d bekasi gak?klo ada dmana almtnya & no tlp nya brp?thx

  7. Aryo says:

    Untuk pengiriman ke depok bisa saya hubungi ke siapa ya? Thx.

  8. INA says:

    mau tanya alamatnya di bekasi…tq

  9. Nesty says:

    Pak stock madunya udah ada lagi apa belum?
    Minta alamatnya di jakarta / bekasi ya
    terima kasih :)

  10. azam says:

    assalamu alaikum
    madu klancengnya masih Ada ngak pak?,
    sy mau pesan n kirim di batam,
    bisa tdk ya?

  11. pinpin says:

    Boleh minta alamat di bekasi ? Stock utk yg klanceng masih ada berapa ? Discount ga kalau beli 5. Lokasi saya di jakarta utara. Tq

  12. rizky says:

    pak untuk lokasi saya didaerah manggarai-jakarta selatan apakah bisa dikirim,tks

  13. ridwan says:

    Dear admin,

    Lokasi saya di surabaya, berapa harganya madu klanceng yg 600 ml dan adakah tokonya didaerah surabaya?

    Mohon pencerahannya,
    Terima kasih,
    Hs,
    Ridwan

  14. Chris Daniel says:

    Per hari ini madu klanceng harga berapa ya pak ?
    Saya mau coba kehebatan madu klanceng.
    Kalau sekalian dikirim larvanya apa bisa ya pak, sedikit aja, saya mau coba berikan ke burung kicau saya, siapa tahu tambah jossss.
    Terima kasih.

  15. dwi agung says:

    Tolong dikirim ke Depok Dong 1 botol harganya berapa ya, terus cara bayarnya gimana ya. thanks & Regards

  16. Pram says:

    Aslkm..pak,minta alamat lngkp yg di bekasi..tq

  17. happy says:

    Alamat yg di bekasi dmn ya…

  18. rizal says:

    Pak minta alamat yg di bekasi

  19. Sadikun says:

    Hallo,
    apakah disitu jual bibit lebah trigona nya?
    harga berapa duit per stupnya?

    Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>